Skip to main content

Kumpulan Ayat Alkitab untuk Peneguhan Sidi

Kumpulan ayat Alkitab untuk Peneguhan Sidi di gereja untuk anak katekisasi. Pembinaan dan penggembalaan generasi muda gereja adalah hal yang mutlak untuk membangun jemaat secara berkelanjutan. Salah satunya melalui katekisasi untuk calon sidi.

Kumpulan Ayat Alkitab untuk Peneguhan Sidi
Kumpulan Ayat Alkitab untuk Peneguhan Sidi

Pada kesempatan ini, kita akan membahas sedikit tentang pengertian peneguhan sidi, katekisasi dan manfaatnya serta ayat-ayat Alkitab tentang sidi

Apa itu peneguhan sidi?


Peneguhan sidi merupakan hasil yang dicapai setelah melalui proses katekisasi selama 6 bulan sampai 12 bulan. Katekisasi adalah sebuah proses perjalanan mendalami iman Kristen secara penuh dan utuh. 

Katekisasi sidi akan membawa katekisan (peserta katekisasi) pada pemahaman imam tentang Tuhan Yesus Kristus yang adalah Juruselamat. 

Pada akhirnya, anggota katekisasi yang telah dibabtis dan berusia 15 tahun ke atas, yang lulus akan mengikuti peneguhan sidi untuk menyatakan pengakuan imannya di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya.

Peneguhan sidi umumnya dilaksanakan dalam ibadah hari minggu dengan menyertakan akta khusus liturgi peneguhan sidi dalam ibadah. 

Tujuan katekisasi


Apa tujuan dan manfaat katekisasi?

Tujuan sidi bukanlah sebagai tiket untuk masuk ke dalam meja Perjamuan Kudus. Keberhasilan katekisasi juga tidak cukup diukur sepenuhnya oleh pengetahuan anggota calon sidi.

Namun jauh lebih penting, penggembalaan sidi melalui proses katekisasi sangat penting untuk membawa warga jemaat mengenal Tuhan lebih dekat sehingga benar-benar percaya dan mengaku di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya tentang imannya kepada Yesus Kristus. 

Warga gereja yang telah disidi harus siap sedia terpanggil dan bertanggung jawab untuk melaksanakan tri tugas panggilan gereja, yaitu bersaksi, bersekutu dan melayani.

Dalam gereja Toraja, anggota sidi berpegang teguh pada Pengakuan Gereja Toraja dan Tata Gereja Toraja. 

Anggota sidi yang menyimpang dari aturan gerejawi akan dikenakan disiplin gerejawi dan harus menerima penggembalan khusus sebelum akhirnya mengaku dosa di hadapan Majelis Gereja atau jemaat.

Mengapa kalau belum sidi tidak diperbolehkan ikut dalam meja perjamuan kudus?

Perjamuan kudus adalah peringatan akan pengorbanan Yesus di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Melalui proses katekisasi iman percaya kita akan semakin ditumbuhkan untuk benar-benar memahami dan menghayati makna pengorbanan Yesus untuk setiap kita, pribadi lepas pribadi. Dan hal itu diyakinkan dengan peneguhan sidi dalam pengakuan iman sendiri di hadapan Tuhan di tengah-tengah ibadah jemaat.

Kumpulan Ayat Alkitab untuk Peneguhan Sidi


Berikut ini beberapa ayat pegangan dari Alkitab saat peneguhan sidi.

1 Petrus 2:9
"Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib."

Efesus 4:13-15
"Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan
tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala."

1 Timotius 4:12
"Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."

Ulangan 28:13
"Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia."

Yesaya 41:10
"Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."

Amsal 4:23
"Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."

Efesus 4:1
"Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu."

Lukas 1:4
"Supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar."

Lukas 4:18-19
"Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Yohanes 15:16
"Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu."

Roma 10:9-10
"Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. 
Karena dengan hati orang percaya dan dan dibernarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan."

1 Korintus 10:13
"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicoba melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

1 Korintus 3:11
"Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus."

Yeremia 29:11
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

1 Yohanes 3:23
"Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita."

Selamat untuk kamu yang akan dan telah disidi... Jadilah warga jemaat pengikut Kristus yang sejati dan setialah sampai akhir menjadi saksi iman.


Demikianlah kumpulan ayat Alkitab untuk peneguhan sidi. Silahkan berikan komentar dan saran via contact serta mari bagikan artikel ini jika bermanfaat!
Oldest Post
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.