Skip to main content

Ayat Alkitab tentang Katekisasi

Ayat Alkitab tentang katekisasi - Apa itu katekisasi dan mengapa ikut katekisasi? Bagi orang Kristen, khususnya pemuda, katekisasi adalah hal yang sangat penting. Karena itu, katekisasi harus menjadi hak, kewajiban, bahkan kebutuhan. 

Ayat Alkitab tentang Katekisasi
Ayat Alkitab tentang Katekisasi

Pada kesempatan ini, kita akan membahas sedikit tentang katekisasi serta ayat-ayat Alkitab tentang katekisasi. Katekisasi sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu katekisasi baptis, sidi dan nikah. Namun pada kesempatan ini, kita hanya akan membahas katekisasi sidi.

Pengertian katekisasi


Apa itu katekisasi?

Katekisasi atau Katekese berasal dari bahasa Yunani 'Katekhein', yang artinya memberitakan, memberitahukan, mengajar, dan membimbing.

Sementara peserta katekisasi disebut katekisan dan materi katekisasi disebut katekismus.

Katekisasi adalah pengajaran tentang Allah dan perjanjian-Nya... Maksud katekisasi ialah supaya anak-anak muda mengenal Allah dalam seluruh hidup mereka. Yang penting dalam katekisasi bukan saja pengetahuan yang banyak soal-soal Alkitab dan gereja tetapi terutama pengenalan akan Allah (Abineno, 2010).

Mengapa ikut katekisasi?


Pertanyaan pertama sebelum menjadi katekisan (peserta katekisasi). 

Mengapa kamu ikut katekisasi?

Apa alasan kamu bersedia mengikuti katekisasi?

Mungkin awalnya kamu memandang katekisasi sebagai kewajiban karena merupakan program kerja jemaat yang harus direalisasikan. 

Atau pun harus ikut katekisasi karena merupakan syarat wajib untuk peneguhan sidi. Kalau tidak sidi artinya tidak bisa ikut perjamuan kudus, tidak bisa nikah. 

Tujuan katekisasi 


Tidak salah jika memandang katekisasi sebagai kewajiban bagi setiap anggota jemaat. Karena memang merupakan sebuah keharusan.

Namun mulai hari ini, mari kita memandang katekisasi juga sebagai sebuah kebutuhan. Mengapa? Karena melalui katekisasi, seorang Kristen akan benar-benar mendalami imannya dan keberadaannya sebagai orang Kristen. 

Katekisasi adalah sebuah proses pembimbingan dan pengajaran untuk mendalami prinsip-prinsip iman Kristen yang berlangsung dalam waktu 6 bulan sampai 12 bulan. 

Karena itu, materi (buku panduan) untuk katekisasi harus disusun secara memadai. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah metode katekisasi yang menarik. Entah itu melalui metode ceramah, diskusi, atau lainnya. 

Metode katekisasi yang menarik perlu menjadi pertimbangan agar hasil katekisasi sesuai dengan tujuan katekisasi yang diharapkan.

Adapun tujuan katekisasi dalam Pastoral Katekese Kategorial: Panduan Cerdas Pendalaman Iman Kristen (Johanes Lewar & John Wolor, 2008) yang dikutip dari penelitian tentang Implementasi Pemuridan Kontekstual Sebagai Katekisasi Terhadap Pertumbuhan Keimanan Pemuda Di Gereja Toraja Di Jemaat Bau Klasis Bittuang (Surianti Roro, 2020) menyatakan bahwa: "terdapat dua macam tujuan katekisasi, yaitu:

Tujuan instruksional umum, yaitu untuk membantu atau menolong peserta katekisasi agar mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan sabda Tuhan ke dalam hidupnya. Dan tujuan instruksional khusus, yaitu untuk menganalisis kepribadian peserta agar dipahami baik intelektual, emosional, harapan, permasalahan yang dihadapi, penyesalan apa saja yang ada dalam hidupnya...".

Manfaat katekisasi


Melalui proses katekisasi, seorang Kristen akan belajar tentang dirinya sendiri sebagai manusia. Melalui katekisasi juga, kita akan belajar tentang Allah Bapa, Allah Anak dan Roh Kudus.

Melalui katekisasi, kita akan belajar kehendak Allah melalui buah-buah Roh, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri... (Galatia 5:22-23a). 

Melalui katekisasi, kita akan belajar meneladani Yesus Kristus dalam mengasihi.

1 Yohanes 4:20
"Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya."

Setelah proses katekisasi, peserta akan melakukan pengakuan iman sendiri di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya dalam ibadah melalui peneguhan sidi. Pengakuan tentang Yesus Kristus itulah Tuhan dan Juruselamat dunia.

Ayat Alkitab tentang Katekisasi


Berikut ini ayat-ayat Alkitab tentang katekisasi.

Efesus 4:12-13
"Untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus."

Roma 15:4
"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."

Yohanes 1:1
"Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah."

Yohanes 3:16
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."

Yohanes 14:6
"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

Kisah Para Rasul 18:25
"Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes."

1 Korintus 14:19
"Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh."

Galatia 6:6
"Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu."

1 Petrus 2:9
"Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib."

Lukas 16:10
"Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar."

Kolose 3:23
"Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."

Galatia 6:5
"Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri."

Matius 28:19-20
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus."

Dengan mengikuti katekisasi, kita akan belajar untuk menjadi saksi Kristus yang sejati dengan iman Kristen yang utuh.


Demikianlah sedikit materi tentang katekisasi, peneguhan sidi dan ayat-ayat emas Alkitab tentang katekisasi. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.