Skip to main content

Ayat Alkitab Tentang Kehidupan Setelah Kematian

Ayat Alkitab Tentang Kehidupan Setelah Kematian - Benarkah ada kehidupan sesudah kematian? Tentu kita sudah sering mendengar tentang kehidupan di dunia ini yang hanya sementara. 

Ayat Alkitab Tentang Kehidupan Setelah Kematian
Ayat Alkitab Tentang Kehidupan Setelah Kematian

Setelah kehidupan di dunia ini, kita akan menuju ke kehidupan yang kekal. Yaitu, melalui peristiwa kematian, dari tanah kembali ke tanah. 

Meskipun demikian, sungguh kematian membawa dukacita. Perkara yang satu ini memang sangat berat, terlebih ketika orang yang meninggal adalah orang yang terkasih dan mengasihi kita. 

Namun apapun yang terjadi, seberat apapun pergumulan yang kita hadapi, kita selalu diingatkan oleh firman Tuhan bahwa ada kehidupan yang kekal bagi orang percaya.
 
Pertanyaannya adalah ke mana kita akan pergi setelah mati?

Berikut ini penjelasan ayat Alkitab tentang kehidupan setelah kematian yang akan menjawab pertanyaan kita semua.

Ayat Alkitab Tentang Kehidupan Setelah Kematian


Di bawah ini beberapa ayat Alkitab tentang kehidupan kekal sesudah kematian di dunia.

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 11:26
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Yohanes 6:40
Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Yohanes 11:26
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Matius 19:29
Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal.

Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Apa yang terjadi dan kemana kita setelah mati?


1 Petrus 4:6
Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

1 Tesalonika 4:13-14
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.
Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

Matius 19:28
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. 

Yohanes 14:2
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." 

Dan tentu kita semua merindukan kehidupan yang kekal di rumah Bapa:
  1. Langit yang baru dan bumi yang baru (Wahyu 21:1-8)
  2. Yerusalem yang baru (Wahyu 21:9-27)
Namun tidak bisa dipungkiri bahwa:

Daniel 12:2
Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. 

Matius 25:46
Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal."

Jadi, belajarlah dari kisah Orang kaya dan Lazarus yang miskin (Lukas 16:19-31).

Karena itu, pertanyaan tentang apa yang terjadi ketika kita mati sebaiknya kita ubah menjadi apa yang sebaiknya kita lakukan selama masih hidup?

Yaitu:

Yohanes 11:25
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

Percaya artinya melakukan kehendak-Nya sesuai dengan:

Yohanes 3:36
Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

Untuk itu, selagi masih ada kesempatan, lakunlah yang harus dilakukan sebagai saksi iman yang sejati. Sebelum:

Pengkhotbah 12:7
dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya. 

Kejadian 3:19
dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Bekerjalah untuk Tuhan sesuai dengan talenta yang dianugerahkan-Nya kepadamu.


Demikianlah ayat Alkitab tentang kehidupan setelah kematian. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.