Skip to main content

30+ Ayat Alkitab Tentang Kematian Untuk Renungan dan Penghiburan

Ayat Alkitab tentang kematian untuk renungan dan penghiburan bagi yang berdukacita - Ada banyak pergumulan hidup manusia dan semua itu adalah warna yang menghiasi kehidupan agar lebih bermakna. Layaknya warna-warni pelangi yang indah untuk Tuhan menyatakan kasih-Nya kepada setiap kita bahwa Ia selalu bersama-sama dengan kita.
 
Ayat Alkitab Tentang Kematian Untuk Renungan dan Penghiburan
Ayat Alkitab Tentang Kematian Untuk Renungan dan Penghiburan

Dan memang jalan hidup tak selalu rata dan Tuhan pun tak pernah janji bahwa langit akan selalu biru. Dan kematian orang yang dikasihi dan mengasihi kita mungkin menjadi warna hitam yang paling gelap dan suram. 

Jatuh dan terpuruk adalah hal yang seringkali dialami oleh setiap manusia yang berduka atas kematian. Namun jangan kuatir dan jangan berlarut-larut dalam kesedihan.

Melalui peristiwa kematian orang terkasihi, kita belajar untuk mengimani kuasa Tuhan dalam kehidupan kita. Kita belajar untuk berserah penuh kepada kehendak Tuhan. 

Karena itu, kita selalu diingatkan oleh firman Tuhan untuk tetap teguh dan berpengharapan. Walaupun dalam dukacita yang mendalam, percayalah Tuhan sanggup menolong dan memberi penghiburan yang sejati.

Ayat Alkitab Tentang Kematian Untuk Renungan dan Penghiburan


Berikut ini ayat-ayat Alkitab tentang kematian yang menjadi penghiburan kepada yang berduka agar tidak hilang arah.

Mazmur 34:19
Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. 

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 14:1‭-‬2
"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

1 Tesalonika 4:13
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

1 Tesalonika 4:14
Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

Dan orang percaya harus mengimani dengan sungguh janji Allah tentang kehidupan setelah kematian.

Yohanes 12:24
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Mazmur 116:15
Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya.

Pengkhotbah 7:1
Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.

1 Korintus 15:22
Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

1 Korintus 15:42‭-‬44
Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan. 
Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan. 
Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah

Roma 14:9
Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, supaya Ia menjadi Tuhan, baik atas orang-orang mati, maupun atas orang-orang hidup.

Kisah Para Rasul 26:8
Mengapa kamu menganggap mustahil, bahwa Allah membangkitkan orang mati? 

Mazmur 89:48
Siapakah orang yang hidup dan yang tidak mengalami kematian, yang dapat meluputkan nyawanya dari kuasa dunia orang mati?

Bersedih adalah hal yang wajar, namun jangan berlarut-larut dalam dukacita. Setiap orang pernah mengalami dukacita akibat kematian seseorang yang dikasihinya. Lihatlah sekelilingmu dan belajarlah cara mereka menghadapi dan melewati pergumulan hidup, yaitu dengan tetap bersandar pada firman Tuhan yang hidup dan menghidupkan.

1 Korintus 15:26
Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut. 

Mereka yang mati di dalam Tuhan telah mengalahkan musuh yang terakhir tersebut.

Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Untuk itu bersyukurlah atas karunia Allah, yaitu hidup yang kekal bagi setiap orang yang percaya.

1 Korintus 15:42
Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.

2 Korintus 7:10
Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.

Ayub 19:25-26
Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu. 
Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingku pun aku akan melihat Allah.

2 Korintus 5:1
Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 

Kisah Para Rasul 24:15
Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

1 Samuel 2:6
Tuhan mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana.

Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." 

2 Timotius 4:7
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Ayub 14:14
Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi? Maka aku akan menaruh harap selama hari-hari pergumulanku, sampai tiba giliranku; 

Selama masih ada waktu, pergunakanlah waktumu untuk melayani Tuhan dalam setiap kesempatan. 

Filipi 1:21
Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Roma 14:8
Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

Untuk kamu yang sedang dalam pergumulan karena seseorang yang dikasihi meninggal dunia, jangan takut dan jangan kuatir. Tuhan yang menjadi sumber penghiburan sejati.

Untuk kita yang masih bernafas, mari kita renungkan tentang kematian yang adalah perkara yang paling dekat dengan kehidupan manusia. 

Kematian tidak mengenal status sosial, jabatan, umur, dan sebagainya. Kematian bisa menghampiri setiap yang bernyawa, tanpa terkecuali bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, dan lansia. 

Kita yang hidup tinggal menunggu giliran. Namun baiklah sebagai orang percaya kita pergunakan waktu dan kesempatan yang masih diberikan Tuhan dengan menjadi saksi iman yang hidup melalui sikap dan tindakan kita.


Demikianlah kumpulan ayat-ayat Alkitab tentang kematian sebagai renungan dan penghiburan bagi yang berduka. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.