Skip to main content

35+ Ayat Alkitab Untuk Ibadah Penghiburan Dan Pemakaman

Ayat Alkitab Untuk Ibadah Penghiburan Dan Pemakaman - Sekalipun sering menghadapi peristiwa kematian tetap saja peristiwa ini asing bagi kita. Asing karena tidak seorang pun dari kita yang punya pengalaman atau pernah mengalami kematian.

Ayat Alkitab Untuk Ibadah Penghiburan Dan Pemakaman
Ayat Alkitab Untuk Ibadah Penghiburan Dan Pemakaman

Kematian orang terkasih tentu menjadi pergumuluan yang berat dalam kehidupan. Dukacita karena kematian tidak bisa dihindari namun harus dihadapi dengan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. 

Dalam menghadapi peristiwa kematian, gereja sebagai persekutuan hadir melalui pelayanan ibadah penghiburan. Ibadah penghiburan ini sangat penting untuk menguatkan dan menopang keluarga yang berduka agar tetap berpengharapan. 

Selain itu, melalui ibadah penghiburan juga jemaat belajar percaya kepada kehendak Allah bahwa semua yang hidup akan mengalami yang namanya kematian. 

Karena itulah, jemaat harus bijaksana menghitung hari-hari yang tersisa yang masih Tuhan anugerahkan agar digunakan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ayat Alkitab Untuk Ibadah Penghiburan Dan Pemakaman


Dan ayat-ayat Alkitab berikut ini bisa menjadi renungan penghiburan bagi yang berduka.

Pengkhotbah 3:2
Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam.

Matius 5:4
Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Yohanes 11:25-26
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

2 Timotius 4:7
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Yesaya 40:31
Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Ulangan 31:8
Sebab Tuhan, Dia sendiri yang akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Mazmur 90:12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.

Mazmur 119:92
Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku. 

Mazmur 37:23-24
Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya;
Apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.

Mazmur 37:5
Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak.

1 Korintus 15:20
Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

Filipi 4:13
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

Mazmur 116:15
Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya.

1 Tesalonika 4:13
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

1 Tesalonika 4:14
Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

Pengkhotbah 7:2
Pergi ke rumah duka lebih baik dari pada pergi ke rumah pesta, karena di rumah dukalah kesudahan setiap manusia; hendaknya orang yang hidup memperhatikannya.

Mazmur 23:4
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 

Mazmur 119:50
Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku. 

Mazmur 46:2
Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. 

1 Korintus 15:42
Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.

1 Korintus 15:51
Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 

1 Korintus 15:52
dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Mazmur 121:1-2
Nyanyian ziarah.
Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? 
Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. 

2 Korintus 1:3-4
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,
yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

1 Petrus 5:10
Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. 

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." 

Matius 28:20 
dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Pelajari tentang kehidupan setelah kematian menurut iman Kristen dari 1 Korintus 15:35-58.

Percayalah selalu ada sukacita di samping dukacita dalam kematian. Bukan sukacita atas kematian, melainkan sukacita karena kita menyadari bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita sendirian.

Peristiwa kematian mengingatkan kepada setiap kita bahwa tak satu pun dari kita manusia yang bisa menjalani kehidupan tanpa campur tangan Tuhan yang berkuasa.


Demikianlah ayat-ayat Alkitab untuk ibadah penghiburan dan pemakaman yang bisa digunakan untuk bahan khotbah dan renungan Kristen yang menguatkan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.