Skip to main content

Contoh Liturgi Ibadah Pemuda Kristen Protestan

Contoh liturgi ibadah pemuda Kristen protestan - Dalam suatu ibadah, baik itu ibadah hari Minggu, ibadah rumah tangga, maupun ibadah pemuda PPGT kita membutuhkan panduan yang tersusun rapi berupa tata ibadah atau lazim kita sebut sebagai liturgi ibadah.

Contoh Liturgi Ibadah Pemuda Kristen Protestan

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sedikit tentang liturgi ibadah singkat dan kreatif yang biasanya digunakan dalam ibadah sharing pemuda di gereja. 

Sedikit informasi, ibadah sharing kami dilaksanakan di gereja pada hari Sabtu atau malam Minggu pada pukul 19.00 sampai selesai. Berikut salah salah satu contoh susunan liturgi ibadah sharing atau pun ibadah PPGT tersebut.

Contoh Liturgi Ibadah Pemuda Kristen Protestan


Berikut salah satu contoh liturgi ibadah pemuda singkat dan kreatif untuk pemuda.

1. Pembukaan


Pada bagian pembukaan ini, pemimpin ibadah atau pemimpin liturgi/liturgis akan memberikan kata-kata sambutan yang meliputi rasa terima kasih kepada tuan rumah (Jika ibadah dilakukan di rumah anggota jemaat), ucapan selamat datang kepada warga jemaat dan rasa syukur terhadap Tuhan karena dipertemukan kembali dalam ibadah.

2. Menyanyi


Setelah memberikan sambutan, ibadah langsung dilanjutkan dengan mengajak jemaat berdiri (Jika ibadah hari Minggu) dan mengangkat pujian dari nyanyian rohani seperti Kidung Jemaat, NKB, PKJ, atau pun dalam ibadah pemuda juga terkadang menggunakan lagu penyembahan seperti lagu rohani yang sedang populer yang berdasarkan tema khotbah.

Contoh lagu pembukaan ibadah seperti KJ 10, KJ 10, KJ 15, dll.

3. Votum dan Salam


Contoh votum:

P: "Pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. "

J: "Amin."

Contoh salam:

P: "Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus dengan persekutuan Roh Kudus yang tetap setia untuk selama-lamanya, yang tidak meninggalkan perbuatan tangan-Nya menyertai saudara sekalian."

J: "Menyertai saudara juga."

4. Menyanyi 


Dalam ibadah sharing PPGT, menyanyi pada poin liturgi 4 ini menggunakan kidung pujian yang membuat jemaat bersiap-siap untuk pemberitaan firman Tuhan. Contoh KJ 18, PKJ 15, dll.

5. Doa Pelayanan Firman


Doa pelayanan firman meliputi rasa syukur atas penyertaan Tuhan, kesiapan hati untuk mendengar firman dan lain-lain, termasuk di dalamnya memohon hikmat bagi pelayan firman untuk dapat memberitakan firman Tuhan dengan benar sesuai kehendak Tuhan.

6. Pembacaan Alkitab


Bahan bacaan Alkitab yang melandasi khotbah pemberitaan firman Tuhan. Biasanya, telah terdapat buku panduan khusus  sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Tapi terkadang juga mengambil bahan bacaan untuk khotbah sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung pada masa itu. 

7. Khotbah


Karena ini termasuk liturgi ibadah kreatif PPGT dalam ibadah sharing maka sebaiknya semua anggota PPGT diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat dan pandangannya berdasarkan topik yang sedang di bahas.

Pemimpin ibadah bukan hanya sebagai pemberita tapi juga sekaligus moderator sehingga ibadah lebih aktif. Khotbah untuk ibadah sharing akan lebih aktif jika pelayan firman menggunakan khotbah yang komunikatif, seperti bertanya.

8. Menyanyi 


Setelah mendengar firman Tuhan, maka liturgi selanjutnya adalah memuji Tuhan agar dimampukan melakukan firman Tuhan yang sudah diperdengarkan. Lagu yang cocok seperti Tetap Setia, KJ 50, dll.

9. Doa Syafaat


Dalam liturgi ibadah kreatif yang biasa digunakan dalam ibadah sharing, doa syafaat dibawakan oleh beberapa anggota PPGT, biasanya 4 orang termasuk pelayan firman. Saya lupa nama doa ini, namun sistemnya menggunakan doa berantai. Setiap orang memimpin satu pokok doa yang akan didoakan dalam doa syafaat, seperti satu bertugas khusus untuk doa ibadah dan persekutuan PPGT, doa pendidikan dan doa orang tua yang kemudian ditutup oleh pelayan firman. 

Orang pertama yang bertugas mendoakan ibadah dan PPGT akan mengakhiri doa tersebut dengan ucapan "Ya Tuhan. inilah doa kami." Kemudian dilanjutkan lagi oleh orang yang bertugas untuk mendoakan pendidikan dan pekerjaan yang juga ditutup oleh ucapan "Ya Tuhan, inilah doa kami." Sampai pada pelayan firman yang akan merangkum semua doa tersebut yang biasanya akan mengucapkan "Ya Tuhan, inilah ungkapan kami semua..." yang diteruskan dengan Doa Bapa Kami.

Doa syafaat seperti ini juga yang membuat ibadah lebih kreatif dan membuat semua anggota PPGT untuk terlibat dan aktif dalam pelayanan.

10. Menyanyi 


Sampailah kepada lagu penutup ibadah. Contoh lagu yang tepat seperti KJ 345, KJ 346, dll.

11. Pengutusan dan Berkat


Contoh pengutusan:

"Teman-teman PPGT, pergilah dan jadilah terang yang siap sedia memberitakan dan menyatakan firman Tuhan bukan hannya dalam perkataan tapi juga dalam setiap tingkah laku dan seluruh hidup kita!"

Contoh berkat:

"Kita terima berkat Tuhan: "Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, akan menyertai dan melindungi kita, saat ini, kekal selama-lamanya. Amin

Jika kita melihat contoh susunan liturgi ibadah kreatif dalam ibadah pemuda ini sepertinya sangat panjang, tapi pada kenyataannya, liturgi ini cukup singkat.
Demikianlah contoh liturgi ibadah pemuda Kristen Protestan untuk ibadah sharing kreatif. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Teruslah melayani dan pergunakan masa muda 'mu untuk memuliakan Tuhan! Tetap semangat, Tuhan Yesus berkati!

Saksi Iman
Saksi Iman
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:1

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close