Skip to main content

Renungan Singkat Dalam Kehidupan Sehari Hari

SAKSIIMAN.COM, Renungan Singkat Dalam Kehidupan Sehari Hari - Renungan Harian Kristen hari ini dibuka dari bahan khotbah Berserah Kepada Tuhan dari ayat Alkitab Matius 26:39 (Di Taman Getsemani) yang berbunyi: Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."

Renungan Singkat Dalam Kehidupan Sehari Hari

Luar biasa teladan yang diberikan oleh Tuhan Yesus tentang cara berserah yang sesungguhnya. Ia datang ke hadapan Bapa dengan sujud dan berdoa, menyerahkan diri kepada Bapa-Nya.

Apa yang dapat kita pelajari dari ayat ini? Mari kita belajar bersama-sama tentang cara berserah kepada Tuhan yang sesungguhnya dalam kehiduapn sehari-hari.

Renungan Singkat Dalam Kehidupan Sehari Hari


Berserah diri adalah suatu tindakan yang menyerahkan secara total segala kehidupan kita kepada Tuhan. Dan berserah tidaklah sama dengan menyerah atau pasrah. Sangat berbeda. Dan banyak yang keliru dalam menerapkan arti berserah diri.

Berserah yang keliru:
  • Pasrah dan menyerah pada keadaan
  • Tidak melakukan apapun
  • Membiarkan diri terombang-ambing oleh arus kehidupan
Bagi orang Kristen yang percaya, berserah adalah sebuah bentuk ketaatan dalam menanti janji Bapa.

Bagaimana cara berserah ala orang Kristen yang percaya?

1. Fokus pada Tuhan


"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri." - Amsal 3:5

Hidup hari ini banyak masalah, banyak tantangan, banyak hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi dalam kehiduan. Tapi orang yang percaya tetap menjadikan Tuhan Yesus sebagai fokus utama dari pada melihat semua masalah yang terjadi.

2. Tidak kuatir


"Serahkalnlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu." - 1 Petrus 5:7

Kita semua memang memiliki ekspektasi yang besar tentang masa depan. Dan saat ini, saya yakin kita sedang melukiskannya dengan indah.

Namun berapa banyak dari kita yang kuatir ketika keadaan yang terjadi sedikit saja melenceng dari rencana?

Berserah yang paling dasar adalah meninggalkan segala bentuk kekuatiran dalam hidup. Masa depan sungguh ada dan pengharapan itu pasti, ketika kita berserah kepada Tuhan maka akan ada semangat besar untuk mewujudkannya. Dan ketika yang terjadi di luar kendali maka kita tidak kuatir, karena Tuhan senantiasa memelihara.

3. Biarkan Tuhan bekerja


"Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepada-Nya dan Ia akan bertindak." - Mazmur 37:5

Ketika hal-hal yang tidak diinginkan datang maka kita harus tetap taat dan diam dekat dengan Tuhan. Hidup dalam penantian dan tetap percaya kepada Tuhan. Kerjakan yang menjadi bagianmu dengan tetap berserah dan biarkan Tuhan menentukan..


Berserah Kepada Tuhan


Berserah bukanlah pasrah dan menyerah kepada keadaan. Tapi berserah adalah bentuk penyerahan diri secara total dan siap diatur oleh Tuhan.

Pada bagian terakhir ini, saya akan berbagi tentang makna mengikuti arus sungai. Intinya biarkan Tuhan bekerja.

Hidup ini seperti sedang berlayar di sebuah sungai yang deras. Kadang kita tidak perlu melawan arus kehidupan yang deras.

Kita hanya perlu tetap berserah diri dengan menutup mata dan katakan: "Tuhan, inilah hidupku. Pakailah sesuai rencana-Mu."

Dalam berserah, kita tidak akan membiarkan hidup ini pasrah dan hanyut terbawa oleh gelombang. Kita hanya perlu tetap berdiri seimbang dalam perahu tersebut dan mengikuti sampai di mana kita akan berhenti. Itulah proses.

Banyak yang berusaha melawan arus dengan upaya yang sangat keras dan akhirnya malah sebaliknya, semakin sulit dan tenggelam oleh derasnya arus sungai. Dan tidak sedikit yang lari.

Ilustrasinya seperti ini

Jalur Tuhan > Fokus pada jalan-Nya > Ada proses yang terkadang keras > Tetap pada jalur > Sampai kepada kehidupan yang kekal yang Tuhan janjikan.

Biarkan hidup ini mengalir namun jangan biarkan hidup terbawa arus. Tetap setia, tetap berpegang teguh dan percaya kepada Tuhan dengan segenap hati. Jangan bimbang dan marilah bersama-sama berserah dan menyerahkan seluruh kehidupan kita ke dalam Tangan Tuhan. Teruslah berserah kepada Tuhan.


Demikianlah sedikit renungan Kristen tentang berserah kepada Tuhan dengan sepenuh. Semoga bermanfaat!

Saksi Iman
Saksi Iman
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:1

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close