Skip to main content

25+ Ayat Alkitab Saat Khawatir Menghadapi Masa Depan

Ayat Alkitab saat khawawtir menghadapi masa depan - Jangan kuatir! Salah satu kata-kata yang sering kita dengar atau ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menandakan bahwa manusia sangat rentan diliputi oleh ketakutan dan kekhawatiran.

25+ Ayat Alkitab Saat Khawatir Menghadapi Masa Depan
25+ Ayat Alkitab Saat Khawatir Menghadapi Masa Depan

Karena itulah, beberapa orang dalam kehidupannya selalu memiliki Rencana B (Plan B). Tujuannya untuk mengantisipasi jika rencana utama gagal atau tidak berjalan sesuai yang diinginkan. 

Apakah itu bagian dari rasa kuatir, tergantung cara kita memandangnya. Yang pasti banyak dari kita yang kuatir setiap saat. Bahkan kuatir berlebihan.

Apa yang kita khawatirkan? 


Tentu banyak hal dalam kehidupan yang membuat kita kuatir. Khawatir akan masa depan, masalah ekonomi, pendidikan, pekerjaan, keluarga, pasangan dan lain-lain.

Mengapa kita khawatir?


Rasa cemas dan khawatir muncul karena ketidakpastian dalam kehidupan. Manusia khawatir akan hari esok karena tidak tahu apa yang akan terjadi. Sesungguhnya kita khawatir karena kita sedang menunggu sesuatu untuk datang. 

Apa yang sebaiknya kita lakukan saat kuatir?


Jawabannya adalah firman Tuhan. Banyak ayat Alkitab dan renungan singkat tentang menghadapi rasa kuatir dan menghilangkan rasa cemas dan takut akan ketidakpastian hidup.

Ayat Alkitab tentang Kekhawatiran Masa Depan



Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Filipi 4:13
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

Ulangan 31:8
Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati." 

Yosua 1:9
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi." 

Matius 6:25
"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Matius 6:27
Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Matius 6:34
Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Matius 10:19
Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

Yohanes 14:27
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

1 Korintus 7:32
Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan kepadanya.

1 Yohanes 4:18
Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Lukas 12:22-23
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai.
Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian.

Mazmur 34:4
Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku. 

Mazmur 55:22
Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. 

Mazmur 94:19
Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku. 

Yesaya 35:4
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: "Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!" 

Yesaya 41:10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

Yeremia 17:7
Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan! 

1 Petrus 5:6
Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. 

1 Petrus 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 

Amsal 23:18
Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang. 

Untuk belajar mengatasi rasa kuatir dan cemas, belajar lebih dalam tentang Hal Kekuatiran dari Matius 6:25-34 dan Lukas 12:22-31.

Pada dasarnya, kekuatiran berasal dari banyak keinginan. Sebagai orang percaya, maka percaya dan berserah kepada Tuhan merupakan satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa cemas dan kuatir dalam kehidupan.

Saat dunia tidak bisa memberikan kepastian, maka Tuhan Yesus datang membawa kepastian.


Demikianlah ayat Alkitab saat khawatir menghadapi masa depan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.