Skip to main content

Kesepuluh Firman Bahasa Toraja

Kesepuluh Firman Bahasa Toraja - Dasa Titah atau Sepuluh Perintah Allah adalah kumpulan perintah Allah yang diterima Musa di Gunung Sinai dalam perjalanan Bangsa Israel menuju ke tanah Kanaan. Kesepuluh Firman ini memuat perintah dan larangan dengan tujuan agar Bangsa Israel bisa hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Kesepuluh Firman Bahasa Toraja
Kesepuluh Firman Bahasa Toraja

Pada kesempatan ini, berikut saya bagikan Kesepuluh Firman Bahasa Toraja dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. 

Sangpulo Sukaran AlukNa Puang Matua

Katassuran 20:1-17

Nasa'bu'mi Puang Matua mintu' kada iate, Nakua:

Akumo PUANG, Kapenombammu, tu ussolangko sun lan mai tondok Mesir, dio mai inan munii dipokaunan.
  1. Da' naden kapenomban senga' dio oloKu.
  2. Da' mugaraga rapang-rapang dipodeata dipa', sia rapang-rapang apa dao lu langi' ba'tu apa dao kuli'na padang nasambo langi', ba'tu apa diong to' uai diongna lu lino. Da' mutukku umpenombai sia da' mupengkaolai, belanna Akumo PUANG, Kapenombammu, Kapenomban manoka ditimba oloNa, tu umpapakkanni kakelokanna mintu' ambe' lako anakna, sae lako osso' ma'pentallunna sia ma'penna'pa'na tu mintu'nato ungkabiri'Na', apa umpa'pekitananNa' kamasokanangKu lako massa'bu'-sa'bu tu to ungkamali'Na' sia ungkaritutui mintu' pepasanKu.
  3. Da' musa'bu' punala bangi tu sanganNa PUANG, Kapenombammu, belanna tae' Nabilang maseroi PUANG dio mai kasalan tu to ussa'bu' punala bangi tu sanganNa.
  4. Pengkilalai tu allo katorroan, ammu pamadatui; annan allona la munii mengkarang sia ungkarangi tu mintu' pengkarangammu; apa allo ma'pempitu iamo allo katorroanNa PUANG, Kapenombammu, allo iato da' mumengkarang, la iko, la anakmu muane, ba'tu anakmu baine, ba'tu solamu muane, ba'tu solamu baine, ba'tu patuoammu, ba'tu to sae tu torro lan kotamu. Belanna annan allona Nanii PUANG umpadadi tu langi' sia lino sia tasik sola mintu' issinna, anNa torroi tonna allo ma'pempitu; iamoto Napassakkei PUANG tu allo katorroan sia Napamadatu.
  5. Kasiri'i tu ambe'mu sia indo'mu, anna dipamalambe' tu sunga'mu lan tu tondok Nakamaseangko PUANG, Kapenombammu.
  6. Da'mupapatean.
  7. Da'mupasandak salu lako rampanan kapa'.
  8. Da' muboko.
  9. Da' musa'bi tang tongan lako padammu ma'rupa tau.
  10. Da' mukailui banuanna padammu ma'rupa tau, da' mukailui bainena padammu ma'rupa tau, ba'tu solana muane, ba'tu solana baine, ba'tu sapinna, ba'tu keledainna, ba'tu barang apanna padammu ma'rupa tau.

Kesepuluh Firman

Keluaran 20:1-17

Lalu Allah mengucapkan segala firman ini: 

"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. 
  1. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 
  2. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
  3. Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 
  4. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. 
  5. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 
  6. Jangan membunuh. 
  7. Jangan berzinah. 
  8. Jangan mencuri. 
  9. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. 
  10. Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."

Demikianlah Kesepuluh Firman Bahasa Toraja atau Sangpulo Sukaran AlukNa Puang Matua dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat!

Saksi Iman
Saksi Iman
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:1

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close