Skip to main content

Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan Yang Memotivasi

Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan Yang Memotivasi - Dalam menghadapi masa depan, pemuda sebagai generasi penerus harus memiliki iman, pengharapan dan kasih. Iman agar tidak ragu menjalani kehidupan, pengharapan agar selalu bersemangat, dan kasih agar bisa menjadi pembawa berkat dimana pun ia berada.

Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan Yang Memotivasi
Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan Yang Memotivasi

Kehilangan salah satu dari hal tersebut akan membuat pemuda sebagai harapan masa depan mudah tersesat. Untuk itu, penting bagi pemuda selalu memiliki motivasi akan masa depan yang benar sehingga tidak mudah jatuh saat menghadapi tantangan kehidupan dan tetap berjalan bersama Tuhan.

Berikut ini salah satu khotbah motivasi pemuda Kristen masa kini 2021 untuk kita renungkan dan bagikan.

Khotbah Pemuda Kristen Tentang Masa Depan Yang Memotivasi


"Melakukan Sesuatu Untuk Masa Depan Yang Gemilang"

Amsal 23:18
Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Siapa yang punya cita-cita?

Tentu sebagai pemuda, kita semua punya cita-cita dan harapan masa depan yang ingin dicapai. Karena itu, kita berpikir dan bekerja keras untuk mencapai keinginan tersebut. 

Dan sebagai pemuda Kristen, saya harap ada yang berdoa siang dan malam agar cita-citanya tercapai. Tentu bukan hanya berdoa, tapi berdoa dan berusaha.

Namun dalam proses menggapai cita-cita, seringkali harapan tidak sesuai dengan realita kehidupan. Walaupun pemuda identik dengan semangat yang menggebu-gebu, namun tantangan-tantangan kehidupan sering membuat kita jatuh.

Ada yang menilai kegagalan sebagai takdir. Sudah ketetapan Tuhan. Kita harus menerimanya. Benar, kita tidak bisa melawan takdir. Namun kita patut bersyukur karena masa depan yang penuh misteri dan kita tidak tahu seperti apa takdir kita di masa depan.

Ketidaktahuan kita akan masa depan seharusnya membuat kita lebih bersemangat untuk menyambut hari esok. Mengapa?

Ada janji Tuhan melalui firman-Nya: "Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang."

Jangan menilai seluruh kehidupan hanya dari satu kejadian. Jangan menilai suatu kejadian hanya dari satu sisi saja. 

Teman-teman PPGT yang terkasih, selanjutnya apa yang telah kita siapkan untuk menghadapi masa depan?

Hanya sedikit dari pemuda yang benar-benar memiliki pandangan tentang masa depan. Lebih banyak pemuda yang tidak punya pikiran dan rencana masa depan sama sekali. Lebih suka hidup dalam zona nyaman masa kini tanpa beban.

Padahal, apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi penentu masa depan. Hal ini disebabkan oleh karena kita terlalu banyak berpikir namun kurang bertindak. Bukan berarti kita kurangi berpikir, namun mari bertindak sekecil apapun itu.

Banyak pemuda yang pesimis dan takut menghadapi masa depan karena hanya berpikir dan tidak pernah bertindak. Hasilnya nol besar. Kita pikir kita telah melakukan banyak hal, namun tidak sama sekali. Yang kita lakukan hanya berpikir dan kita tidak melakukan pekerjaan apapun. 

Hari ini, sebagai pemuda kita harus melakukan sesuatu untuk masa depan. Kita harus belajar memulai segala sesuatu dari hal-hal yang kecil.

Tapi mulai dari mana?

Mulai dari hal yang paling sederhana dalam kehidupan kita yang bisa membuat kehidupan kita dan orang di sekitar kita lebih baik.

Apa itu?

1. Miliki keyakinan yang teguh

Hal pertama yang harus dimiliki oleh pemuda adalah keyakinan yang teguh, iman. Apapun yang terjadi, masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Tapi seringkali sebagai pemuda kita memiliki keyakinan yang tinggi akan kemampuan diri sendiri. Namun ketahuilah mengandalkan kemampuan diri sendiri tidaklah cukup. 

Kita butuh kekuatan yang lebih besar dari yang dapat kita pikirkan untuk tetap teguh berdiri menghadapi badai kehidupan. Hanya bersama Tuhan, kita bisa melakukan hal-hal yang luar biasa. Karena itu, mulailah segala sesuatu dengan melibatkan Tuhan dalam perencanaan.

Tanamkan dalam hati, keyakinan dan pengharapan di dalam Tuhan tidak mengecewakan.

2. Siap berproses

Tidak ada sesuatu yang benar-benar instan di dalam dunia ini. Sama halnya dengan berusaha yang butuh waktu dan kerja keras. Karena itu, sebagai pemuda, kita harus siap berproses.

Ada banyak hal yang akan dilalui saat ingin mewujudkan suatu harapan. Pahit manis kehidupan semua berharga. Karena itu, nikmati setiap proses kehidupan dan belajar dari pengalaman. 

Dalam penantian, kita sebagai pemuda tidak boleh menyia-nyiakan waktu yang tersisa. Masa depan akan menakutkan saat kita hanya memikirkannya tanpa melakukan apapun yang seharusnya kita lakukan.

3. Berbagi kasih

"Sejatinya hidup adalah pelajaran sehingga tidak mungkin cukup waktu untuk mempelajari semuanya baru berbagi."

Tidak perlu tunggu kaya untuk membantu orang lain.

Tidak perlu tunggu hebat untuk untuk memulai sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Saat kita tidak memiliki apapun, kita memiliki kasih yang siap untuk dibagikan. Berbagi kasih yang tulus membuat kehidupan kita lebih bermakna dan tentu saja orang yang menerimanya.

Saat kita tidak bisa mengubah dunia menjadi lebih baik, maka kita bisa mengubah diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita satu per satu.

Mari ajaklah orang-orang di sekitar kita untuk:
  1. Memiliki keyakinan yang teguh
  2. Siap berproses
  3. Berbagi kasih
Walaupun sederhana, namun hal-hal ini penting sebagai motivasi pemuda dalam menghadapi masa depan. Jangan takut dan khawatir akan hari esok. Karena masa depan sungguh ada dan harapanmu tidak akan hilang.

Amin.


Demikianlah khotbah pemuda Kristen tentang masa depan yang memotivasi. Mari lakukan sesuatu untuk masa depan yang lebih cerah. Semoga bermanfaat, Tuhan Yesus memberkati...
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.