Skip to main content

Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen

SAKSIIMAN.COM, Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen - Mengapa doa itu penting? Kita tentu sering mendengar bahwa doa bagi orang percaya adalah nafas kehidupan. Makna doa inilah yang secara sederhana menjadi alasan orang berdoa. Jika demikian, artinya kita sama saja dengan mati.

Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen

Namun jangan menjadikan doa hanya sebuah rutinitas belaka tapi jadikanlah doa sebagai sebuah kebutuhan pokok dalam hidup. Renungan Kristen ini dibahas dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana sehingga lebih mudah dipahami.

Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen


Mengapa doa sangat penting bagi orang percaya? Berikut ini beberapa alasan pentingnya doa bagi orang Kristen yang bisa menjadi bahan renungan minggu ini.

1. Doa adalah nafas hidup


Kita pasti sering mendengar ungkapan tentang doa adalah nafas hidup orang Kristen yang percaya. Bayangkan jika kita tidak berdoa. Itu sama saja kita tidak bernafas, sesak. Jadi kita mengambil kesimpulan bahwa orang Kristen yang malas berdoa adalah orang-orang yang tidak bernafas atau mati secara iman.

2. Cara berkomunikasi dengan Tuhan


Seberapa sering kita berdoa kepada Tuhan? Berdoa bersama-sama pasti sering saat ibadah-ibadah di gereja. Tapi bagaimana dengan pribadi kita? Apakah kita suka berbicara secara pribadi kepada Tuhan? 

Kapan kita harus berdoa? Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa. Jadi, sudahkah kamu berdoa hari ini? Atau kamu berdoa hanya saat "merasa butuh Tuhan"? Saat sedang susah saja? 

3. Doa adalah kekuatan orang percaya


Saat kita berada dalam kelemahan maka satu-satunya cara untuk dapat pulih dan tetap bertahan adalah dengan memiliki pengharapan. Ketika kita percaya dan berharap kepada Tuhan maka kita tidak akan kuatir dan tidak ragu untuk berdoa. Karena doa adalah kekuatan dan nafas hidup orang percaya.

Doa adalah sesuatu yang paling dahsyat kuasanya. Karena itu berdoalah dalam keadaan apa pun. Percayalah kamu akan melihat jalan-Nya pada waktu yang telah ditetapkan-Nya. Jangan ragu sedikit pun.


4. Mengajarkan untuk rendah hati


Doa tanpa usaha adalah hal yang sia-sia namun usaha tanpa doa adalah kesombongan. Banyak orang yang berpikir mereka mampu melakukan semuanya dan lupa untuk berdoa. Tidak mau berdoa adalah tanda kesombongan dan tidak mau mengakui kekuatan Tuhan yang telah bekerja di dalam kehidupan setiap manusia.

Itulah salah satu alasan berdoa, yaitu menuntun pada kerendahan hati. Berdoa mengajarkan kita untuk mengakui dan takluk kepada rencana Tuhan. Berdoa adalah tanda kerendahan hati seorang manusia.

5. Berhenti kuatir


Ketika kita tahu bahwa Tuhan memiliki otoritas tertinggi di dalam hidup kita. Mengapa kita harus khawatir lagi? Tidak ada alasan untuk itu. Ketika kita percaya dan tetap berdoa maka kita harus berserah kepada Tuhan dengan segenap hati.

Berserah bukan berarti menyerah pada keadaan atau pun terbawa arus kehidupan. Kita akan bahas tentang ini lebih lanjut di hari-hari kedepannya.

Bawalah kehidupanmu ke hadapan Tuhan melalui doa dan kamu akan mendapatkan ketenangan.

Kapan kita harus berdoa?


Awali pagi dengan doa. Ucapan syukur kepada Tuhan yang masih memberikan kesempatan untuk bernafas hari ini. Itu adalah anugerah yang harus kita syukuri tidak peduli seberat apa pun kehidupan. 

Berdoa juga bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk keluarga, teman, rekan kerja, dan semua orang.

Naikkanlah doa syafaat tanpa rasa jenuh untuk semua orang dan berdoalah untuk negeri di mana Tuhan mengutusmu. Karena kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu juga. Itulah arti salib bagi orang Kristen, yaitu kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama manusia.


Itulah 5 alasan pentingnya doa bagi orang Kristen. Semoga bermanfaat!

Saksi Iman
Saksi Iman
Tempat untuk berbagi cerita betapa baik dan hebat Tuhan di dalam kehidupanku..

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965