Skip to main content

20+ Ayat Alkitab untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Ayat Alkitab untuk menghilangkan rasa cemas - Bisa dikatakan tidak ada yang pasti dalam kehidupan kecuali kematian. Karena itulah tidak heran jika kehidupan kita di dunia ini juga diliputi oleh rasa cemas dan kuatir.

20+ Ayat Alkitab untuk Menghilangkan Rasa Cemas
20+ Ayat Alkitab untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Banyak manusia mencari cara menghilangkan rasa cemas. Bekerja keras untuk mencoba memastikan kehidupan sejahtera. Belajar untuk mengatasi rasa cemas karena ketidaktahuan. Investasi dan asuransi untuk jaminan akan hari esok. Dan lain sebagainya.

Namun apakah hal-hal tersebut benar-benar bisa mengatasi, bahkan menghilangkan rasa cemas?

Jawabannya? ternyata tidak! Setelah semua itu terpenuhi, rasa cemas tidak hilang sama sekali. Sebaliknya, rasa cemas dan kuatir semakin meningkat. 

Yang awalnya khawatir tidak bisa makan, menjadi khawatir akan banyaknya harta yang harus dilindungi. Yang awalnya hanya khawatir tidak bisa bepergian karena kekurangan uang, menjadi khawatir akan kendaraan yang membutuhkan biaya perawatan. Dan lain sebagainya.

Karena itu, apa sesungguhunya yang dapat menghilangkan rasa cemas?

Satu-satunya cara menghilangkan rasa cemas dalam kehidupan adalah dengan hidup percaya pada Tuhan. Percaya artinya berserah secara penuh akan kehendak Tuhan. Berserah bukan berpasrah dan menunggu tanpa melakukan apapun. Tapi berserah pada Tuhan adalah melakukan yang terbaik, selebihnya Tuhan yang bekerja.

20+ Ayat Alkitab untuk Menghilangkan Rasa Cemas


Berikut ini ayat-ayat emas Alkitab untuk menghilangkan rasa cemas dan kuatir akan hari esok.

Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Mazmur 38:18
ya, aku mengaku kesalahanku, aku cemas karena dosaku. 

Amsal 15:16
Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. 

Yeremia 17:7-8
Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 
Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah. 

Amsal 25:26
Seperti mata air yang keruh dan sumber yang kotor, demikianlah orang benar yang kuatir di hadapan orang fasik. 

Ayub 20:22
Dalam kemewahannya yang berlimpah-limpah ia penuh kuatir; ia ditimpa kesusahan dengan sangat dahsyatnya. 

Lukas 12:29
Jadi, janganlah kamu mempersoalkan apa yang akan kamu makan atau apa yang akan kamu minum dan janganlah cemas hatimu.

Matius 13:22
Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

Markus 13:11
Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus.

Mazmur 138:7
Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku. 

Mazmur 138:8
TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu! 

1 Petrus 5:7
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 

Yesaya 40:31
tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 

Filipi 4:1
Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Yesaya 41:10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

Mazmur 37:5
Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 

2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Roma 8:38-39
Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang,
atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Percaya, bekerja, berserah! Lakukan bagianmu dengan sungguh, dan hasilnya biar Tuhan yang tentukan. Percayalah, Tuhan bekerja dalam kehidupan setiap kita untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. Yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan.


Demikianlah ayat-ayat Alkitab untuk menghilangkan rasa cemas dan khawatir. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.