Skip to main content

20+ Ayat Alkitab yang Menguatkan Diri Saat Berduka

Ayat Alkitab yang menguatkan saat berduka - Kematian orang yang dikasihi adalah salah satu persoalan hidup yang bisa dikatakan pasti dialami oleh setiap orang. Kematian membawa perpisahan selamanya di dunia ini sehingga tidak heran jika pergumulan akibat kematian seseorang yang dikasihi seringkali membuat mereka yang ditinggalkan sangat terpuruk. 

20+ Ayat Alkitab yang Menguatkan Diri Saat Berduka
20+ Ayat Alkitab yang Menguatkan Diri Saat Berduka

Sedih boleh, namun jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Selalu ada penghiburan bagi yang berduka. Firman Tuhan melalui ayat-ayat Alkitab dapat menjadi renungan yang menghiburkan bagi mereka yang berduka agar tetap berpengharapan.

Ayat Alkitab yang Menguatkan Diri Saat Berduka Karena Kematian


Untuk itu, bagi kamu yang sedang terpuruk dan sedang berdukacita, berikut ini ayat-ayat emas Alkitab yang akan menguatkan kamu untuk bangkit melewati pergumulan hidup karena kematian seseorang yang dikasihi.

Matius 11:28
Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Untuk kamu yang sedang terpuruk dan dalam pergumulan, datanglah kepada-Nya membawa seluruh kehidupanmu. Dan percayalah, ada penghiburan sejati bagi setiap orang yang datang kepada Tuhan.

Matius 5:4
Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.

Mazmur 116:15
Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya.

Filipi 4:13
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. 

Yohanes 11:25-26
Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Kisah Para Rasul 26:8
Mengapa kamu menganggap mustahil, bahwa Allah membangkitkan orang mati? 

Ulangan 31:8
Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati." 

Jangan kuatir, Tuhan yang akan menjadi Penjamin kehidupanmu.

Gambar ayat Alkitab yang menguatkan
Gambar ayat Alkitab yang menguatkan

Mazmur 23:4
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 3:16 menjadi jaminan bagi setiap orang percaya bahwa ada kehidupan yang kekal bagi mereka yang percaya kepada Tuhan Yesus.

Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Ayat Alkitab tentang kehidupan setelah kematian
Ayat Alkitab tentang kehidupan setelah kematian

1 Tesalonika 4:14
Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

1 Samuel 2:6
Tuhan mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. 

1 Tesalonika 4:13
Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

Mazmur 119:50
Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji-Mu menghidupkan aku. 

Yesaya 41:10
Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

Yesaya 40:31
Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Yohanes 12:24
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

2 Korintus 7:10
Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.

Pengkhotbah 3:2
Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam.

Wahyu 14:13
Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka." 

Dan baiklah setiap orang percaya menjadi saksi iman bahwa ada kehidupan setelah kematian. Tetap percaya, tetap berpengharapan, kematian bukanlah akhir dari segalanya namun awal yang baru.

Kematian orang terdekat memang menyakitkan. Namun kita juga dituntun oleh firman Tuhan untuk tetap berpegang teguh pada keyakinan akan kasih karunia Allah melalui Yesus Kristus, yaitu kehidupan yang kekal. Dan kematian, yaitu yang dikehendaki Allah adalah jalan menuju ke kekekalan.

Lihat juga kumpulan ayat Alkitab untuk sidi

Demikianlah beberapa ayat Alkitab yang menguatkan saat berduka karena kematian seseorang yang dikasihi. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.