Skip to main content

Khotbah untuk Anak Muda Jaman Sekarang 2022

MASA DEPAN PEMUDA YANG BERAKAR DALAM KRISTUS

Khotbah untuk Anak Muda Jaman Sekarang 2022

Bahan Alkitab : Amsal 23:18

Teman-teman yang terkasih dalam Kristus

Orang bijak mengatakan ada tiga hal dalam hidup kita yang tidak bisa kembali, yaitu waktu, kenangan, dan kesempatan. 

Kemudian, ada tiga hal yang seharusnya tidak boleh hilang dalam kehidupan, yaitu pengharapan, ketulusan, dan semangat. 

Setiap manusia, khususnya pemuda Kristen memiliki ketiga hal tersebut. Hati-hati dalam menjalani kehidupan. Kehilangan ketiga hal tersebut bisa berakibat fatal. Masa depan yang seharusnya cerah menjadi suram karena salah memilih jalan hidup di masa muda.

Setiap pemuda Kristen dipanggil untuk menjadi saksi Tuhan dalam generasinya. Tetapi, sangat disayangkan banyak pemuda Kristen yang tidak menyadari akan panggilannya. 

Pemuda yang seharusnya menjadi teladan malah hidup sebaliknya. Menjadi penyebab atau sumber masalah. Tidak bisa dipungkiri hidup jaman sekarang memiliki banyak tantangan dan cobaan.

Perilaku menyimpang dan jauh dari kebenaran firman Tuhan seringkali menjadi kehidupan sehari-hari anak muda jaman now. Iri hati, kesombongan, pementingan diri sendiri dan kelompok, tawuran, judi, mabuk-mabukan, seks bebas, narkoba, dan lainnya yang tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Seringkali kita bersikap acuh tak acuh terhadap praktik hidup yang sudah jelas tidak sesuai dengan firman Tuhan. Hasilnya tentu saja tidak jauh dari kegagalan, penyakit, pernikahan dini, dan hal-hal lainnya yang pada akhirnya membuat kita menyesal. 

Karena itulah, sebagai pemuda, kita harus berani tampil beda. Hidup dan berakar di dalam Kristus. Menyambut masa depan yang penuh pengharapan, ketulusan dan semangat. 

Dengan hidup sesuai firman Tuhan, tidak ada alasan untuk khawatir dengan  masa depan. Teruslah berjalan karena Tuhan yang akan menyertai. 

Sesuai dengan firman Tuhan di dalam Yeremia 29:11, "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan".

Teman-teman yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Dari pembacaan tersebut, ada 5 hal yang dapat kita lakukan untuk menyambut masa depan yang telah Tuhan rencanakan :
  • Berpikir, maksudnya jangan melakukan sesuatu sebelum dipikir dengan matang.
  • Bertindak, maksudnya melakukan sesuatu yang telah dipikir dengan matang.
  • Kebiasaan, maksudnya kita akan terbiasa dengan berpikir lalu bertindak.
  • Karakter, maksudnya akan menunjukkan sifat kita setelah mengikuti langkah di atas.
  • Nasib, maksudnya dari keempat cara di atas itulah yang akan menentukan masa depan/nasib.
Untuk mengakhiri khotbah ini saya memiliki sebuah ilustrasi "jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari luar, maka kehidupan di dalam telur berakhir. Tapi, jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam, maka kehidupan baru telah dimulai". 

Begitu pun dengan masa depan kita, untuk mencapai semuanya itu dimulai dari dalam diri kita sendiri bukan dari orang lain. Karena hal-hal besar selalu dimulai dari dalam diri sendiri. Jangan menunggu hal-hal besar terjadi untuk memulai. 

Teman-teman yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Tuhan tidak pernah menjanjikan bahwa langit selalu biru, bunga selalu mekar, dan mentari selalu besinar. Tapi, ketahuilah bahwa Tuhan selalu member pelangi di setiap badai, senyum di setiap air mata, berkat di setiap cobaan, dan jawaban di setiap doa. 

Jangan pernah menyerah dan marilah kita sambut masa depan ini dalam tangan Tuhan dengan penuh pengharapan, ketulusan, dan semangat. Semoga hari ini dan esok penuh berkat. Haleluyah, terpujilah Tuhan. Amin.. Amin.

….TUHAN YESUS MEMBERKATI….


Demikianlah khotbah untuk anak muda jaman sekarang 2022. Semoga renungan singkat ini bisa menjadi pelita yang menyala bagi pemuda menghadapi masa depan. Amin..

Saksi Iman
Saksi Iman
Tempat untuk berbagi cerita betapa baik dan hebat Tuhan di dalam kehidupanku..

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close