Skip to main content

Apa Harapan Orang Kristen Setelah Kematian?

Apa Harapan Orang Kristen Setelah Kematian? - Jika berbicara tentang harapan masa depan, tentu banyak dari kita yang sudah memiliki rencana dan persiapan. Namun bagaimana dengan harapan setelah kita mati?

Apa Harapan Orang Kristen Setelah Kematian?
Apa Harapan Orang Kristen Setelah Kematian?

Bagaimana denganmu? Apa yang menjadi harapanmu saat kamu mati nanti?

Sebelum meninggalkan dunia ini, banyak dari kita yang mengusahakan agar orang-orang di sekeliling kita hidup sejahtera. Terjamin hidupnya, khususnya secara materi. Beberapa juga berharap yang mereka ditinggalkan bisa berhasil kelak. 

Karena itu, tidak heran jika mereka yang ditinggalkan juga kuatir akan kehidupan mereka selanjutnya karena ditinggal tulang punggung keluarga sebagai "penjamin kehidupan".

Tidak sedikit juga yang berharap sebelum meninggalkan dunia ini segala cita-cita harus terwujud. Setidaknya telah menikmati segala kenikmatan yang ditawarkan dunia ini. 

Namun pernahkah kita berpikir: ke mana kita akan pergi setelah mati? 

Ataukah kita lupa, padahal sangat jelas dalam Alkitab bahwa ada kehidupan setelah kematian. Jangan sampai kita hanya fokus kepada kehidupan di dunia yang sementara ini.

Alkitab berbicara tentang kepastian hidup yang kekal bagi mereka yang percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat.

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Ataukah kita ragu-ragu tentang kebangkitan dan kehidupan yang kekal? 

Jika ada orang Kristen yang masih ragu-ragu atau tidak percaya tentang kebangkitan orang mati dan kehidupan yang kekal, maka ayat Alkitab berikut ini bisa menjadi jawaban yang pasti atas keragu-raguan kita.

1 Korintus 15:12-13
Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? 
Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. 

1 Tesalonika 4:14
Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.


Apa harapan orang Kristen setelah mati?


Harapan orang Kristen setelah kematian tentu saja adalah kebangkitan untuk hidup yang kekal di rumah Bapa yang mana tidak ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita seperti yang kita alami di dunia yang sementara ini.

Yohanes 14:1‭-‬2
"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." 

Satu-satunya jalan menuju kehidupan yang kekal menurut iman Kristen dalam Yohanes 14:6 adalah:

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

Dan selama hidup di dunia yang sementara ini, jangan terlena dan melupakan hal-hal ini, yaitu:

Daniel 12:2
Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. 

Untuk memperoleh hidup yang kekal kita harus percaya dan menyerahkan seluruh kehidupan kita kepada Tuhan. Kita diselamatkan bukan karena kekuatan kita, namun karena kasih karunia Allah.

Yohanes 6:65
Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya."

Untuk itu saudara-saudara, selagi masih ada kesempatan, hiduplah bersaksi melalui pelayanan dan sikap hidup sehari-hari kita.

Roma 14:8
Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

Filipi 1:21
Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Dan pada akhirnya, kehidupan yang kekal setelah kematian akan kita terima dari Dia yang mengaruniakannya kepada kita.

Terakhir, kita memang tidak tidak bisa mengontrol hal-hal setelah kita mati. Namun kita bisa menunjukkan jalan yang harus ditempuh oleh generasi berikutnya melalui kesaksian selama kita masih hidup.

Karena itu, usahakanlah selama hidupmu untuk melakukan yang terbaik untuk Tuhan dan orang-orang di sekitarmu agar engkau dikenang dengan bangga. Sebaliknya, jangan sampai di hari kematian kita orang-orang malah tertawa bahagia karena kita tinggalkan akibat perbuatan kita yang buruk. 

"Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis. Dan pada waktu kematianmu, semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum." - Mahatma Gandhi


Demikianlah apa yang menjadi harapan orang Kristen setelah kematian. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.