Skip to main content

Ayat Alkitab tentang Move On dari Mantan Pacar

Ayat Alkitab tentang Move On dari Mantan Pacar dan melupakan hal yang lama - Patah hati karena putus cinta bisa dikatakan adalah hal yang wajar. Namun menjadi tidak wajar jika kita terus bertahan dalam kesedihan yang membuat kita sulit move on dari mantan pacar. 

Ayat Alkitab tentang Move On dari Mantan Pacar
Ayat Alkitab tentang Move On dari Mantan Pacar

Jujur, move on bukanlah hal mudah. Terlebih jika orang tersebut pernah menjadi bagian dari hidup dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya, seringkali move on yang dilakukan tidak tepat dan malah berakibat buruk terhadap kehidupan kita, bahkan orang-orang di sekitar kita. 

Hal ini penting menjadi perhatian terlebih bagi usia remaja yang masih labil. Jangan sampai kita berpikir berhasil move on padahal hanya mengalihkan pikiran sementara dengan jalan yang salah, misalnya menggunakan miras atau obat-obatan terlarang. 

Atau pun yang tidak kalah memprihatinkan, melakukan balas dendam dengan menjadi PHP (pemberi harapan palsu). Jika kamu melakukan hal-hal tersebut, maaf saja, kamu belum berhasil move on. Namun gagal move on 100%.

Untuk itu hari ini kita akan belajar cara move on sehingga bisa kembali menjalani hidup dengan bahagia sesuai dengan firman Tuhan. 

Ayat Alkitab tentang Move On dari Mantan Pacar


Berikut ini ayat-ayat Alkitab tentang move on dari mantan dan melupakan masa lalu.

Yesaya 43:18
firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! 

Filipi 3:13
Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

2 Korintus 5:17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Yehezkiel 36:26
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 

Wahyu 21:4
Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu." 

5 ayat Alkitab di atas tentang melupakan hal yang lama. Yang lalu biarlah berlalu, move on, fokus pada apa yang ada di depan. 

Mazmur 4:2
Hai orang-orang, berapa lama lagi kemuliaanku dinodai, berapa lama lagi kamu mencintai yang sia-sia dan mencari kebohongan?

Jangan sampai melakukan move on dengan cara yang salah. Hidup dalam kepura-puraan agar terlihat bahagia oleh mantan. Bukannya balas dendam, malah menyiksa diri sendiri dengan hidup dalam kebohongan.

Amsal 27:19
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu. 

Yohanes 14:27
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

2 Korintus 6:14
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?

Nasihat dari kitab Korintus di atas sangat penting bagi pemuda yang ingin memulai hubungan cinta kasih. 

Ulangan 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

Ayub 17:9
Meskipun begitu orang yang benar tetap pada jalannya, dan orang yang bersih tangannya bertambah-tambah kuat. 

Amsal 4:18
Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Amsal 4:23
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 

Yakobus 1:8
Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya. 
 
Ayat Alkitab ini mengingatkan kita untuk tidak melakukan pengkhianatan cinta dan tetap komitmen setia dengan janji.

Roma 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Untuk kamu yang sedang patah hati, tetap percaya bahwa rencana Tuhan adalah rencana terbaik. Mungkin kita tidak tahu apa yang sedang terjadi, tapi kita harus percaya bahwa semuanya akan mendatangkan kebaikan pada waktu yang tepat.

Mazmur 34:18
Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. 

Mazmur 147:3
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka; 

1 Yohanes 4:18
Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Ayat-ayat Alkitab di atas bisa menjadi penawar kesedihan akibat putus cinta. Jangan takut move on, kamu layak bahagia. 

Satu hal yang penting, bersyukurlah jika hubunganmu putus saat masih dalam status pacaran. Setidaknya itu lebih baik dari pada perceraian saat sudah menikah. 

Untuk itulah, komitmen berpacaran itu penting sebelum memulai hubungan agar terhindar dari putus. 

Lihat juga ayat Alkitab tentang kematian yang menguatkan orang berduka.

Untuk yang susah move on


Masih sulit move on dari cinta lama? 

Memang melupakan masa lalu adalah hal yang sulit bagi sebagian besar orang. Dan mungkin termasuk kamu hhe.. hhe...

Terus, bagaimana jika mantan minta balikan? (Mimpi) :)

Padahal kamu sudah disakiti dan diselingkuhi. 

Apakah kamu ingin cinta lama berseri kembali?

Pikirkan matang-matang dan belajar dari pengalaman masa lalu. Jangan sampai melakukan kesalahan yang sama dan dengan orang yang sama. 

Terakhir, mantan bukanlah musuh. Mereka bisa tetap menjadi teman. Sejahat apapun mereka di masa lalu, mereka telah memberikan pelajaran hidup yang berharga tentang sebuah hubungan. Dibutuhkan keikhlasan hati saat menghadapi pergumulan dalam hubungan.

Saat masih pacaran dan terdapat perbedaan pendapat, sebisa mungkin selesaikan dengan jalan damai, bahkan kalau harus putus. Bicarakan baik-baik sehingga tidak menyisakan luka. Hidup terlalu singkat untuk hidup dalam kebencian.

Memulai hubungan baru


Walaupun berhasil move on, ingatan terhadap seseorang yang pernah menjadi bagian dari hidup seringkali menyisahkan luka masa lalu sehingga takut dan sulit memulai hubungan baru. 

Karena itu, jangan terburu-buru memulai sebuah hubungan. Kalau sudah yakin, pastikan lagi apakah ada kasih di dalamnya.


Demikianlah ayat Alkitab tentang move on dari mantan pacar dan melupakan hal yang lama. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.