--> Skip to main content

Manfaat Alkitab Bagi Orang Kristen Menurut 2 Timotius 3:16

Manfaat Alkitab Bagi Orang Kristen Menurut 2 Timotius 3:16 - Mengapa kita harus membaca Alkitab setiap hari? Bukankah belajar firman Tuhan saat ini bisa dari mana saja? Tidak dosa kan kalau tidak baca Alkitab? 

Manfaat Membaca Alkitab Bagi Orang Kristen Menurut 2 Timotius 3:16

Ada banyak pertanyaan sejenis yang sering kita dengar. Atau mungkin kita sendiri pernah menjadi salah satu yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Banyak yang bertanya demikian sebenarnya bukan untuk mencari tahu manfaat baca Alkitab melainkan karena malas dan ingin mencari pembenaran saja.

Benar, saat ini belajar firman Tuhan bisa dari mana saja. Bisa melalui Facebook, Youtube, Podscat, Blog, dan lain sebagainya. Tapi itu tidak cukup, bahkan lebih parah, kita bisa tersesat dengan rupa-rupa pengajaran. Hidup hari ini kita harus haus akan kebenaran firman Tuhan. Kalau bisa Badeno Alkitab (Baca dengan nonton Alkitab).

Perkara tidak baca Alkitab dosa atau tidak bukan yang utama. Yang paling penting hari ini adalah kita harus hidup bergaul dekat dengan firman Tuhan agar dikuatkan menjalani proses kehidupan sesuai dan seturut dengan kehendak Tuhan. 

Saat kita belajar sesuatu yang baru, tentu kita butuh panduan. Saat kita ingin pergi ke suatu tempat, kita butuh petunjuk peta. Sama dalam kehidupan orang percaya, agar tidak hilang arah dan tujuan, kita butuh Alkitab untuk belajar.

Manfaat Alkitab Menurut 2 Timotius 3:16 


"Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran."

1. Untuk Mengajar

Alkitab memuat semua pengajaran yang penting  dalam menjalani kehidupan. Alkitab berisi tatanan kehidupan yang seharusnya dibangun oleh orang Kristen, baik dengan Sang Pencipta maupun sesama ciptaan-Nya.

Atau bagaimana kita bisa mengenal Allah dan Yesus Kristus Anak-Nya tanpa Alkitab?

Semua materi pelajaran dan buku agama Kristen, pada dasarnya menjadikan Alkitab sebagai landasan. Kenapa? Karena isi Alkitab bersifat mutlak dan tidak mungkin salah.

2. Untuk Menyatakan Kesalahan

Belajar Alkitab membuat kita mengetahui apa yang benar dan yang tidak benar. Jika salah katakan salah, jika benar katakan benar. Alkitab tidak pernah abu-abu dalam hal ini. Orang percaya pun demikian.

Allah itu sempurna dan ketika kita memilih hidup di bawah taurat Tuhan kita pun harus berusaha sempurna. Bukan untuk memperoleh keselamatan yang adalah kasih karunia, namun sebagai bentuk penghormatan kepada kekudusan Tuhan.

Di dalam gereja, Alkitab harus dijadikan landasan penyusunan tata gereja. Saat kita melakukan dosa, kita harus siap menerima disiplin gerejawi, sebagai konsekuensi dari dosa dan akibat melanggar tata gereja. 

Jangan keluar dari gereja karena masalah. Terlebih menyalakan pendeta, majelis atau orang lain karena kesalahan yang kita sendiri yang perbuat.

3. Untuk Memperbaiki Kelakuan

Belajar Alkitab dengan tuntunan Roh Kudus bisa menuntun kita ke jalan yang benar yang dikehendaki Allah. Saat kita tahu kebiasaan itu salah, kita harus meninggalkannya. 

Kita tidak boleh hidup dalam dosa. Sebaliknya kita mau mengaku dosa kepada Tuhan dan bertobat. 

Tidak ada jalan yang lebih baik bagi pendosa selain kembali ke jalan Tuhan. Tuhan itu pengasih, penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. 

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1 Yohanes 1:9).


4. Untuk Mendidik Orang Dalam Kebenaran

Alkitab menjadi standar hidup iman sehari-hari bagi orang percaya. Kita tidak bisa memiliki standar hidup lain di luar kebenaran Alkitab. Kita tidak bisa "menciptakan Tuhan" kita sendiri.  

Memang tidak mudah hidup di jalan Tuhan. Ada banyak tantangan, ada banyak godaan yang harus kita hadapi. Untuk itulah, kita butuh Alkitab untuk belajar firman setiap hari. 

Dengan setia membaca dan merenungkan firman Tuhan, meminta pertolongan Tuhan, kita akan dimampukan hidup dalam kebenaran firman Tuhan. 

Manfaat Membaca Alkitab Setiap Hari


Membaca Alkitab itu penting agar hidup kita dipenuhi oleh hikmat Allah. Tidak berlebihan jika kita menjadikan membaca firman Tuhan sebagai langkah awal kehidupan orang percaya.

Jadilah haus, jadilah lapar akan kebenaran firman Tuhan. Saat kita menjadikan firman Tuhan sebagai kebutuhan, percayalah hidup kita akan selalu diperbarui.

Atau bagaimana bisa kita menyatakan firman Allah jika tidak mengetahuinya?

Dan pada akhirnya, yang paling penting adalah siap mengabarkan dan melakukan firman yang penuh pengharapan kepada orang-orang di sekitar kita.


Demikianlah manfaat Alkitab bagi orang Kristen menurut 2 Timotius 3:16. Semoga bermanfaat!

Saksi Iman
Saksi Iman
Tempat untuk berbagi cerita betapa baik dan hebat Tuhan di dalam kehidupanku..

Tentang
Saksi Iman merupakan tempat untuk berbagi inspirasi dan motivasi Kristen.

Hubungi Kami
WhatsApp 085396717324
Email Lara4store@gmail.com

Alamat
Baebunta Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Indonesia - 92965
close