Skip to main content

Ayat Alkitab Untuk Mengatasi Ketakutan (Rasa Takut Hilang)

Ayat Alkitab untuk mengatasi ketakutan yang terbukti ampuh - Takut!! Siapa yang tidak memiliki rasa takut? Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar manusia memiliki rasa takut yang membuatnya sering khawatir. 

Ayat Alkitab Untuk Mengatasi Ketakutan (Rasa Takut Hilang)
Ayat Alkitab Untuk Mengatasi Ketakutan (Rasa Takut Hilang)

Beda zaman, beda tempat, beda juga jenis ketakutan manusia. Jika dulu manusia takut setan, sekarang setan yang takut manusia. Hha.. hha... Bercanda ya :).

Sekarang ketakutan manusia jauh lebih besar. Di era globalisasi, ketakutan dan kekuatiran lebih menghantui manusia dari pada setan itu sendiri. 

Saat ini, ketakutan manusia menjelma dalam berbagai wujud. Takut ketinggalan zaman, takut kekurangan, takut kehilangan, takut disaingi, takut ancaman, khawatir akan masa depan dan rupa-rupa takut lainnya. 

Apakah kamu memiliki ketakutan juga? 

1. ... 
2. ...
 
(buat daftar/list takutmu)

Selanjutnya, bagaimana kamu mengatasi rasa takut tersebut?

Ada yang mengatasi rasa takut kekurangan dengan bekerja keras. Namun kekurangan tersebut tidak pernah tertutupi. Ketika kebutuhan lain terpenuhi, muncul banyak keinginan yang membuat kekurangan.

Ada yang mengatasi rasa takut tersaingi dengan selalu memfitnah dan menjatuhkan kompetitor. Hasilnya, rasa syukur akan hilang dan membuat diri sendiri tertekan karena sibuk dengan peningkatan kinerja orang lain.

Dan lain-lain cara mengatasi rasa takut dalam kehidupan manusia. 

Beda orang, beda juga cara mengatasi rasa takut.

Sebagai Saksi Iman di tengah-tengah dunia ini, maka tugas kita adalah membawa damai sejahtera dan kabar sukacita untuk menghilangkan ketakutan.

Caranya tentu dengan belajar dari firman Tuhan melalui ayat-ayat Alkitab untuk mengatasi rasa takut. 

Ayat Alkitab untuk Mengatasi Ketakutan


Berikut ini beberapa ayat emas Alkitab untuk mengatasi rasa takut akan masa depan dan hari esok dan siap sedia menghadapi kehidupan yang diliputi ketakutan.

2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Mazmur 23:4
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 

Ayat Alkitab Untuk Menghilangkan Rasa Takut
Ayat Alkitab Untuk Menghilangkan Rasa Takut

Mazmur 25:12
Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. 

Dalam kehidupan seringkali kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Pilihan yang tentu harus diputuskan. Beberapa pilihan membuat kita merasa bimbang menentukan sikap. Salah pilih, tentu ada konsekuensi yang harus siap ditanggung. 

Bagaimana agar tidak salah pilih? Takutlah akan Tuhan, maka Ia akan menunjukkan jalan yang harus kamu pilih.

Catatan:

Kita harus menentukan pilihan dalam kehidupan. Jangan takut, serahkan pada Tuhan. Seringkali kita takut melakukan kesalahan sehingga tidak memilih apapun. Namun pilihan untuk tidak memilih sebenarnya juga adalah bagian dari kesalahan yang seringkali membawa penyesalan di kemudian hari. 

1 Korintus 16:13
Berjaga-Jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! 

1 Yohanes 4:18
Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

Mazmur 33:18-19
Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, 
untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Ulangan 31:6
Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

2 Samuel 22:2-3
Ia berkata: "Ya, TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, 
Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku; Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan. 

Amsal 18:10
Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat. 

Yesaya 41:10
janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. 

Yesaya 41:13
Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." 

Mazmur 27:1
Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? 

Mazmur 46:1-2
Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. 
Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut; 

Mazmur 118:5-6
Dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan. 
TUHAN di pihakku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? 

Mazmur 91:5
Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, 

Matius 6:34
Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Matius 8:26
Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 

Filipi 4:6
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Ibrani 13:6
Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?" 

2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

1 Petrus 5:6-7
Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. 
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 

Mazmur 18:2
Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku! 

Jangan takut! Entah itu akan kuasa kegelapan, ancaman, kehidupan yang tidak berjalan sesuai rencana, masa depan yang terlihat suram, dan apapun itu.

Sekali lagi, jangat takut!

Percayalah, hari esok akan selalu lebih baik walaupun sedang dalam keadaan sulit. Karena hal-hal seperti itulah yang akan membuat hidup lebih bermakna.

Tuhan selalu menolong dan menguatkan kita untuk melewati setiap persoalan dalam kehidupan kita.


Demikianlah ayat-ayat Alkitab untuk mengatasi ketakutan. Berdoalah dan percayalah sampai rasa takut benar-benar hilang dari hidupmu. Terakhir, mari menjadi Saksi Iman dalam kehidupan di bumi ini!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.